Kurikulum

SDK 3 Bina Bakti menggunakan Kurikulum 2013 dengan modifikasi yang disesuaikan dengan karakter dan budaya sekolah

Selain memberikan mata pelajaran wajib, SDK 3 Bina Bakti memberi penambahan muatan lokal kurikulum mata pelajaran Bahasa Inggris, bahasa Sunda, Bahasa Tionghoa, dan TIK

Selain menggunakan kurikulum nasional, SDK 3 Bina Bakti mengembangkan program CLC (Christ Like Character) dan BOYS’ BRIGADE yaitu program karakter dengan tujuan lulusan SDK 3 Bina Bakti memiliki karakter seperti Yesus dalam kehidupan sehari-harinya.

Program CLC ( Christian Like Character )

  • CLC adalah program karekter di Sekolah Bina Bakti Kopo yang terdiri dari 4 fase yaitu:
  • Establishing Faith ( Kober & TKK 3)
  • Laying Foundation ( SDK 3) → meletakakan dasar iman dan percaya kepada Kristus

Tujuan: Peserta didik memahami sifat dan karakter Kristus serta                              memahami bagaimana menjadi murid Kristus

  • Equipping for Ministry & Service ( SMPK 3 )
  • Developing New Leaders

Dari program CLC diharapkan siswa memiliki karakter:

  • Iman dan semangat doa
  • Integritas
  • Disiplin diri
  • Ketekunan
  • Hikmat dan bijaksana
  • Kesetiaan
  • Keberanian
  • Kerendahan hati
  • Kasih persaudaraan
  • Mengucap syukur

Program utama:

  • CLC Service & Whorship
  • CLC Devotion
  • CLC PABP integration / STAR Class
  • CLC Skill
  • CLC Service Learning

Program tambahan:

  • CLC students supper and fasting experience
  • CLC Bible Reading
  • CLC Christian Conference
  • CLC Parents

Boys’ Brigade

  • Tujuan: untuk memperluas kerajaan Allah di tengah-tengah para anak-anak dan remaja, serta membina sikap taat, hormat, disiplin, dan penghargaan pada diri sendiri dan segala tingkah laku yang menuju kepada karakter Kristen sejati
  • Metode untuk mencapai tujuan dari Boys’ Brigade adalah dengan memberikan program kegiatan yang berarti dan mencakup bidang pendidikan, kesehatan jasmani, sosial, dan kerohanian, yang didasarkan atas 2 pilar utama, yaitu: Pendidikan Agama Kristen dan Disiplin (Drill)